Tema Obrolan, Emoji Interaktif, Tanda Dibaca Pada Grup dan Rekam Tayangan Langsung

Baca pengumuman resmi dalam Bahasa Inggris
Tema Obrolan, Emoji Interaktif, Tanda Dibaca Pada Grup dan Rekam Tayangan Langsung

Pada pembaruan kali ini, Anda dapat memasang tema berbeda untuk tiap obrolan pribadi, menunjukkan perasaan ke orang tersayang menggunakan emoji interaktif dengan efek layar penuh, mendapatkan info bahwa pesan Anda sudah dibaca di grup dan rekam video serta audio dari tayangan langsung.

Tema Obrolan

Telegram memiliki lusinan fitur untuk mengatur obrolan dan menyesuaikan tampilannya, mulai dari Folder hingga Latar Animasi. Pada kesempatan kali ini, Anda dapat menikmati tema baru untuk obrolan pribadi dengan dekorasi dan koordinasi yang lebih keren.

Desainer kami membuat 8 tema yang dapat Anda gunakan di tiap obrolan pribadi. Setiap tema baru akan menampilkan gelembung pesan dengan gradasi warna-warni, latar animasi yang indah, dan pola unik.

Anda dan lawan obrolan dapat memilih tema untuk keduanya dan membuat percakapan jadi lebih mudah dikenali, bahkan di saat Anda tidak menemukan kacamata Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengatur tema berbeda untuk tiap percakapan baik dengan keluarga, rekan kerja atau orang tersayang, sehingga Anda tidak akan mengirim video ke bos Anda.

Untuk memasang tema di Android, ketuk lambang ( ⋮ ) pada bilah Atas Obrolan > Ubah Warna . Untuk iOS, tekan bilah Atas Obrolan > ( ⋯ ) > Ubah Warna. Lawan obrolan akan melihat tema tersebut jika sudah menggunakan versi Telegram terkini.

Setiap tema hadir dengan mode terang dan gelap yang akan mengikuti pengaturan mode gelap pada aplikasi, tergantung dari apakah Anda ingin membuat tampilan gelap sepanjang hari atau mengikuti waktu tenggelamnya matahari.

Delapan tema pertama ini baru permulaan, desainer kami sedang mempersiapkan tema lainnya.

Emoji Interaktif

Kami sangat suka dengan emoji animasi, tapi akan lebih keren jika emoji hati yang berdetak memberikan efek yang lebih hidup seperti memberikan getaran sehingga Anda dapat menyampaikan perasaan Anda.

Dengan sedikit sihir, ramuan dan keahlian, kami menciptakan cara baru untuk menunjukkan perasaan secara langsung. Kirim 🎆 🎉 🎈 👍 💩 atau ❤️ di obrolan pribadi, lalu ketuk emoji tersebut untuk menayangkan efek penuh dalam satu layar.

Jika Anda dan lawan obrolan Anda sedang membuka percakapan, animasi dan getaran akan diputar bersamaan di perangkat Anda, walaupun jauh di mata namun dekat di hati.

Lawan bicara Anda akan melihat efek tersebut jika menggunakan versi Telegram terkini.

Desainer kami sudah kembali ke ruang bawah tanah, meramu sihir baru untuk efek emoji animasi lainnya.

Tanda Dibaca Pada Grup Kecil

Walaupun tema obrolan dan emoji interaktif saat ini hanya berfungsi di obrolan pribadi, namun kali ini ada pembaruan besar untuk grup.

Pesan di grup akan ditandai dibaca (✓✓) sesaat setelah salah satu anggota lain melihatnya. Dalam grup kecil, kini Anda dapat memilih pesan mana yang Anda kirim dan mengetahui anggota grup mana yang telah membaca.

Untuk menjaga privasi pengguna, tanda sudah dibaca pada grup hanya disimpan selama 7 hari setelah pesan dikirim. Telegram tidak memiliki kepentingan untuk mencatat semua yang pernah Anda lihat.

Rekam Tayangan Langsung dan Obrolan Video

Telegram menjadi tuan rumah dari jutaan komunitas yang dapat membuat siaran langsung untuk pemirsa tak terbatas. Baik untuk konser sekali seumur hidup, siaran memasak bahkan kelas matematika. Admin sekarang dapat merekam Tayangan Langsung dan Obrolan Video lalu menyebarkan ke orang yang tidak sempat menonton versi langsungnya.

Admin dapat memulai rekaman langsung dari menu Tayangan Langsung atau Obrolan Video dengan pilihan untuk merekam video dan audio atau hanya audio. Untuk merekam video, pilih mode video akhir dalam bentuk potret atau lanskap. Setelah selesai merekam atau mengakhiri siaran, berkas akan dikirim langsung melalui Pesan Tersimpan.

Ketuk ( ⋮ ) atau ( ⋯ ) untuk membuka menu siaran dan mulai merekam. Ketika merekam, tanda titik merah akan muncul di sebelah judul siaran.

Dengan ini akan memberi Anda cukup banyak hal yang dapat dilakukan sampai kami kembali dengan pembaruan berikutnya. Seperti biasa, kami tidak akan butuh waktu lama.


19 September 2021
Tim Telegram